ARAH KITA | ARAH DESTINASI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE

Tetangga Anda Terganggu Suara? Begini Cara Memasang Peredam Suara Ruangan

Sabtu , 04 September 2021 | 14:00
Tetangga Anda Terganggu Suara? Begini Cara Memasang Peredam Suara Ruangan
Dengan memasang peredam suara ruangan di home theater atau studio home anda, maka Anda bisa bebas menonton film dan lain-lain. (Lamudi.co.id)
POPULER

BUKAN hanya bagi orang golongan kelas atas saja, namun sebagian pemilik rumah dari kalangan menengah kini juga mulai mencoba menyediakan ruangan kedap suara untuk menikmati hiburan di rumah mereka. Dengan alasan agar tidak ingin gaduh mengganggu ketentraman tetangga. Maka dari itu Dengan memasang peredam suara ruangan di home theater atau studio home anda, maka Anda bisa bebas menonton film, berkaraoke, atau bermain drum sekalipun di rumah, tanpa harus khawatir menimbulkan kegaduhan keluar.

Tentunya dengan peralatan yang tepat dan pengerjaan yang cermatlah, ruangan kedap suara untuk Anda bermusik atau ruang theater rumah anda bisa terwujud. Namun sebelum saya membahas tentang tahapan cara memasang peredam suara pada ruangan, terlebih dahulu saya akan menjelaskan terlebih dahulu bahan–bahan apa saja yang digunakan dalam pemasangan peredam suara.

Bahan Peredam Suara untuk Ruangan Kedap

Berikut adalah beberapa bahan peredam untuk ruang kedap suara dilansir dari laman lamudi.co.id yang harus anda ketahui :

Siapkan majun atau gulungan busa yang berwarna kuning untuk lapisan pertama yang akan ditempelkan ke semua permukaan dinding, diperlukan cukup banyak majun agar semua permukaannnya bisa terutupi.

Siapkan karpet glasswoll

Siapkan gypsum board

Selanjutnya karpet standar gulungan untuk bahan penutup karpet glasswoll dan yang terakhir.

Busa telur, siapkan dalam jumlah yang cukup banyak, guna busa terlur merupakan peredam yang terakhir setelah karpet glasswoll, karpet standard dan terakhir busa telur.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal tentunya kita harus menggunakan bahan-bahan yang berkualitas dengan harga yang cukup lumayan maha. Saya akan menjelaskan langkah memasang peredam suara pada ruangan. pengalaman ini Saya dapatkan setelah saya mendapatkan banyak masukan dari beberapa sumber informasi yang saya dapat. Seperti itulah bahan bahan yang akan digunakan untuk membuat peredam suara pada ruangan, setelah semua bahannya anda dapatkan. anda bisa langsung ke tahap proses pengerjaan.

Langkah Memasang Peredam Suara Ruangan

 Berikut, langsung saja kita bahas langkah langkah cara memasang peredam suara pada ruangan:

Bersihkan semua kotoran yang menempel pada dinding rumah terlebih dahulu dan pastikan ruangan yang akan digunakan tetap terjaga kekeringannya. jangan sampai ruangannya menjadi lembab, karena kelembaban akan mempengaruhi bahan busa telur, bahan ini sangat rentan terhadap air. Setelah dinding tampak bersih, Sekatlah seluruh dinding dengan mengunakan kaso, kayu atau bisa juga menggunakan rangkaian alumunium. hingga menutupi semua ruangan.

Tempelkan lapis pertama bahan majun atau gulungan busa kedalam sekat kayu yang menutupi dinding.

Setelah itu, barulah kita lapisi lagi dengan gypsum board hingga menutupi seluruh dinding yang terlapisi bahan pertama tersebut.

Setelah gypsum terpasang barulah kita tempelkan bahan karpet glasswoll hingga menutupi seluruh ruangan, untuk memasangnya bisa langsung di paku ke rangkaian kaso atau bisa juga ditempelkam dengan menggunakan lem karet.

Terakhir, Setelah anda pasang semua bahan tersebut kemudian balut dengan karpet standar, hingga menutupi seluruh ruangan, guna meredam suara agar tidak sedikitpun terdengar ke ruangan sebelah nya.

Agar ruangan kedap suara bisa terwujud secara optimal pastikan seluruh ruangan tertutup rapat. Namun apaun itu desain atau variasi bahan isolasi dan cara pengerjaannya. hal yang paling penting dalam menciptakan ruangan kedap suara adalah kenyamanan bagi si pengguna nya dengan sesusai selera masing – masing. Agar tampilan ruangan terlihat lebih elegan dan mewah, kita bisa menggunakan bahan yang biasa digunakan untuk membuat sofa. Selain gampang dibentuk, banyak pilihan motif dan warna yang bervariatif .

Demikianlah hal yang saya tahu mengenai cara memasang peredam suara pada ruangan. Lihat artikel berikut untuk instalasi pemasangan studio musik pribadi dan bioskop pribadi yang bisa anda gunakan untuk menciptakan home theater atau home studio di rumah anda sehingga ruangan menjadi kedap akan suara dan tidak menimbulkan efek riuh ke luar rumah. Selamat mencoba.

 

 

Editor : Farida Denura
KOMENTAR