Sabtu, 15 Juni 2024

Sei, Daging Asap Khas Kupang yang Diburu Wisatawan


 Sei, Daging Asap Khas Kupang yang Diburu Wisatawan Foto: Peter

ARAHDESTINASI.COM: Kuliner Indonesia memang kaya. Kupang punya makanan khas bernama sei yang sebenarnya adalah daging asap. Di Kupang ada beberapa rumah makan legendaris yang menjual sei babi asap. Ada juga penjual sei sapi, salah satunya di pusat oleh-oleh Kios Ibu Soekiran di Jalan M Hatta. Pengunjung biasanya membeli untuk dijadikan buah tangan.

Sei atau daging asap khas Kupang dimasak khusus dengan cara unik. Pengasapan dilakukan lewat bara api dari kayu khusus yang nama pohonnya dirahasiakan. Pemanggang tradisional tradisionalnya diletakan jauh dari bara api. Di atasnya terhampar potongan daging babi yang ditutup daun dari pohon yang namanya juga dirahasiakan.

Depot Bambu Kuning merupakan salah satu rumah makan favorit yang kerap dikunjungi penduduk lokal dan wisatawan. Rumah makan ini menyediakan daging asap fresh yang dijual dengan harga Rp170.000/kg. Jika sudah matang, daging disajikan di atas talenan, lengkap dengan pisau dan garpu untuk memotong.

Selain sei babi, tersedia juga bagian rusuk seharga Rp185 ribu/kg, sate, sup tulang, cah bunga pepaya, dan jantung pisang. Selain makan di tempat, banyak pengunjung yang membeli untuk dibawa pulang atau dijadikan oleh-oleh.

Selain Bambu Kuning ada Kedai Sei Baun legendaris. meski jaraknya agak jauh dari pusat kota Kupang, namun tempat itu diburu pengunjung lokal dan wisatawan. Lokasinya sekitar 25 km dari pusat kota atau butuh waktu berkendara sekitar 30 menit. Meski agak jauh, namun dipastikan para penggemar sei akan ketagihan.

Depot Bambu Kuning terletak di Jalan Perintis Kemerdekaan I Kota Kupang. Sedangkan Kedai Sei Baun di Desa Teunbaun, Kecamatan Amarasi Barat, Kabupaten Kupang. (*)

Editor : Lintang Rowe

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Kuliner Terbaru